DPRD Jabar: Pemekaran Garut Selatan Terbentur Moratorium Pemerintah Pusat

GosipGarut.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat menyatakan selama ini telah memproses sejumlah pengajuan pemekaran kabupaten dan kota di Jabar, tapi terbentur moratorium oleh pemerintah pusat.

“Soal pemekaran wilayah itu pengajuan pemekarannya kan untuk Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, dan Kabupaten Garut Selatan. Prosesnya sudah sampai masuk di DPR RI,” kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, Jumat (7/9/2018).

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat ini mengatakan pengajuan pemekaran ketiga daerah tersebut sudah sangat lengkap dan dalam tahap akhir persetujuan pemerintah. Tetapi, lanjut Ineu, hal tersebut tetap harus dibekukan karena pemberlakuan moratorium oleh pemerintah pusat.

Baca Juga:  Enam Alasan Partai Idaman Dukung Rudy - Helmi di Pilkada Garut 2018

“Jadi tidak hanya Jawa Barat, semua pengajuan dari daerah lain di Indonesia yang mengajukan pemekaran juga kena moratorium. Namun minimal tiga daerah itu sudah tidak harus revisi lagi, semua persyaratan sudah terpenuhi,” kata Ineu lagi.

Ia mengatakan beberapa daerah lain di Jawa Barat juga sempat memberikan pengajuan pemekaran daerah, tetapi masih harus menjalani perbaikan syarat dan berkas. “Untuk daerah yang ingin memekarkan diri di antaranya adalah Tasikmalaya Selatan, Cirebon Timur, dan Bandung Timur,” ujar Ineu.

Isu pemekaran wilayah di Jawa Barat juga sempat disinggung oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Jawa Barat dengan agenda penyampaian visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih. (Ant/Fj)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda