SMAN 1 Garut dan Sekolah di Tujuh Provinsi Diverifikasi Program Kesehatannya

GosipGarut.com — Tim Verifikasi Lomba Sekolah Sehat Provinsi Tingkat Nasional sedang melakukan verifikasi terhadap sekolah yang tersebar di delapan provinsi Indonesia dalam rangka menilai program kesehatan yang dijalankan masing-masing sekolah tersebut.

“Aspek yang dinilai antara lain kebersihan sarana prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, kondisi tempat sampah dan UKS (Unit Kesehatan Sekolah),” kata Ketua Tim Verifikasi LSS Provinsi Tingkat Nasional, Agus Suharyanto saat memverifikasi program kesehatan di SMA Negeri 1 Kabupaten Garut, Rabu (5/9/2018).

Ia mengatakan, jajarannya sedang memverifikasi delapan sekolah di delapan provinsi yakni selain SMA Negeri 1 Garut perwakilan Provinsi Jawa Barat, ada juga provinsi lainnya di Indonesia. Menutut Agus, sekolah lain yang sedang diverifikasi yakni di Provinsi Jambi, Kalimantan Barat, Yogyakarta, Sumatera Selatan, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Bengkulu.

Baca Juga:  Penceramah Irjen Pol. Arkian Lubis, Ribuan Umat Hadiri Tablig Akbar di Garut

Ia mengungkapkan, penilaian yang sangat diperhatikan di antaranya manajemen pembinaan dan UKS yang ditunjang dengan keberadaan tim pelaksana UKS. “Manajemen pembinaan dan pengelolaan UKS yang baik juga menjadi nilai tambah, selain tim pembina, UKS juga harus memiliki tim pelaksana,” ujar Agus.

Salah satu sekolah yang didatangi tim verifikasi yakni SMA Negeri 1 Garut yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Garut dan Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Kepala SMA Negeri 1 Garut, Achdiyat Kusdani mengatakan, sekolah yang berdiri pada tahun 1958 tersebut memiliki 1.350 siswa terbagi dalam 37 kelas yang sehari-harinya telah menerapkan budaya sehat untuk kebaikan siswa dan lingkungan sekitarnya.

“Berbagai program kita galakan di bidang kesehatan, selain siswa mendapatkan pelayanan kesehatan, anak-anak juga sudah dibiasakan membuang sampah sepulang sekolah,” katanya.

Baca Juga:  Disdik Garut Sayangkan Pembangunan Perumahan Dekat Sekolah

Achdiat menambahkan, upaya menerapkan program kesehatan dan menjaga lingkungan bersih kepada siswa merupakan bagian dalam proses pembelajaran selain kegiatan belajar di kelas. “Inilah beberapa kegiatan pola hidup bersih dan sehat yang kami lakukan di sekolah sebagai prinsip bagian dari belajar,” katanya. (Ant/Yus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda