BPBD Garut: Lokasi Pembangunan Rusun di Margawati Rawan Bencana

GosipGarut.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyatakan lokasi pembangunan rumah susun di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, rawan bencana alam seperti longsor dan angin puting beliung.

“Ya di sini rawan longsor, rawan angin puting beliung, lokasinya di dataran tinggi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dadi Djakaria usai peresmian Rumah Susun Margawati, Kecamatan Garutkota, Rabu (8/8/2018).

Ia menuturkan, Kabupaten Garut merupakan daerah yang cukup tinggi terhadap ancaman bahaya bencana alam. Termasuk kawasan Margawati, kata Dadi, masuk daerah rawan bencana alam yang perlu diantisipasi dan diwaspadai oleh masyarakat.

“Kalau dikaitkan dengan ancaman bencana di mana pun bisa terjadi, seperti Lombok saja tidak diprediksi bisa mengalami gempa,” katanya.

Baca Juga:  Gara-gara Pasang Rotator, 100 Kendaraan di Garut Kena Tilang

Meskipun berada di kawasan rawan bencana, lanjut Dadi, khusus lokasi yang dibangun rumah susun tersebut sudah dilakukan kajian terlebih dahulu oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PMBG) yang menyatakan lokasi aman. “Ada kajian aman untuk dibangun seperti ini (rumah susun),” ujarnya.

Namun, Dadi mengimbau masyarakat yang tinggal di rumah susun untuk tetap menjaga lingkungan sebagai langkah antisipasi mengurangi risiko bencana alam. Masyarakat, lanjut dia, harus melakukan penanaman pohon, penghijauan, dan tidak membuang sampah sembarangan karena akan berisiko terhadap datangnya bencana alam.

“Harus diwaspadai, masyarakat juga mulai sekarang harus tanam pohon, bersahabat dengan alam, dan jangan menebang pohon dan membuang sampah sembarangan,” kata Dadi.

Baca Juga:  Peringati Hari Lahir Pancasila dan Buka Puasa Bersama di Lapas Garut

Sementara itu, pemerintah daerah membangun dua rumah susun yang diperuntukkan untuk para korban bencana banjir bandang Sungai Cimanuk yang rumahnya rusak. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda