Ihwal Kasus Dana PIP di SMAN 32 Garut, BPPP Wilayah IV Bungkam

GosipGarut.com — Penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMAN 32 Garut sempat memunculkan kehebohan. Media massa pun memberitakannya. Musababnya, dana PIP yang masuk ke rekening siswa dan besarannya mencapai Rp 700 ribu – 1 juta itu, tidak utuh diterima siswa.

Oleh pihak sekolah, para siswa penerima hanya dibawa ke bank untuk mencairkan dana tersebut, selanjutnya mereka hanya diberi Rp 20 ribu per orang, bahkan ada yang hanya diberi “uang jajan bakso”.

Diduga, kasus tidak utuhnya dana PIP itu melibatkan pihak sekolah, yang konon sengaja mengambil dana PIP untuk melunasi utang siswa, yakni dana sumbangan pendidikan (DSP) yang belum dibayarkan para siswa.

Baca Juga:  Kemendikbud Akan Buka Jurusan Perfilman di 18 SMK

Kepada GosipGarut.com Kepala SMAN 32, Wawan Setiawan, pernah membantah terlibat. Menurutnya, yang merekomendasikan untuk pencairan dana PIP di sekolahnya adalah pihak sekolah induk, yaitu SMAN 4 Garut. Lagi pula, saat pencairan dana PIP tersebut, Wawan belum menjabat sebagai Kepala SMAN 32 Garut.

Sementara pihak Balai Pengawasan dan Pelayanan Pendidikan (BPPP) Wilayah IV Jawa Barat sebagai pemangku kebijakan untuk sekolah setingkat SMA/SMK, hingga saat ini masih bungkam atau belum bisa memberi penjelasan terkait kasus itu. Kepala BPPP, Lilis Rosita hanya menyuruh wartawan untuk menemui bawahannya yang bernama Iwan Gunawan.

Namun lagi-lagi dari Iwan pun wartawan tidak banyak mendapatkan keterangan rinci seputar kasus dana PIP di SMAN 32 Garut. Ia mengaku belum melakukan koordinasi atau bertanya ke pihak SMAN 32, sehingga belum diketahui digunakan apa saja dana PIP tersebut. Saat ditanya wartawan, Iwan lebih banyak menjawab tidak tahu.

Baca Juga:  Peneliti MAPAG Juga Kritisi Rencana Perluasan TWA di Garut

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs Kemendikbud, bahwa dana PIP digunakan untuk: pembelian alat tulis dan buku, seragam dan perlengkapan sekolah, biaya transportasi dan uang saku, biaya kursus dan les tambahan. Dalam situs itu juga dijelaskan kalau dana PIP harus langsung diterima oleh siswa, dan ditujukan untuk biaya peserta didik agar dapat terus melanjutkan pendidikannya. (Yuyus YS)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda