Meski Jadi Peserta Pemilu 2019, Partai Garuda Tidak Ikut Pileg di Garut

GosipGarut.com — Meski lolos sebagai peserta Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019, Partai Garuda tidak ikut Pileg di Kabupaten Garut.

Hal itu dipastikan setelah hingga batas waktu masa penerimaan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke KPU Kabupaten Garut pada Selasa (17/7/2018) sekitar pukul 24.00 WIB, tak satupun perwakilan dari Partai Garuda tak juga datang mendaftarkan bacalegnya.

“Partai Garuda tak ikut pemilu di Garut. Tak ada yang nyalon (mencalonkan jadi anggota dewan). Ketuanya sendiri datang langsung ke KPU sekitar pukul 24.15 WIB, dan berterus terang menyerah tak ikut pemilu di Garut. Tak mampu, katanya,” ujar Kepala Sub Bagian Teknis KPU Garut Dadang Rukmana, Rabu (18/7/2018).

Baca Juga:  Tiga Figur yang Berpeluang Dampingi Cabup Garut dari Golkar

Dengan demikian, lanjut dia, jumlah parpol yang ikut Pileg 2019 sebanyak 15 parpol.

Namun, berkaitan jumlah bacaleg dari 15 parpol tersebut yang akan bersaing memperebutkan 50 kursi DPRD Garut pada Pileg 2018, Dadang menolak menyebutkan. Alasannya, daftar bacaleg yang didaftarkan ke 15 parpol ke KPU Garut kemarin itu masih belum direkapitulasi, dan diverifikasi.

Namun begitu, kata Dadang, secara umum semua parpol mendaftarkan jumlah bacaleg seratus persen sesuai kuota di lima daerh pemilihan (Dapil) di Kabupaten Garut.

“Jumlah kuota perempuan 30% juga rata-rata terpenuhi. Hanya ada satu dua parpol yang jumlah bacalegnya minim,” ujarnya.

Pihak KPU Garut sendiri akan melakukan veifikasi berkas kelengkapan syarat bacaleg, serta memberikan ruang bagi parpol untuk melakukan perbaikan dalam rentang 22 hingga 31 Juli 2018. (IK/FJ)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda