SMPN di Garut Belum Seluruhnya Mampu Terapkan PPDB Online

GosipGarut.com — Sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Garut belum seluruhnya mampu menerapkan penerimaan peserta didik baru secara daring (PPDB Online) 2018 karena keterbatasan perangkat komputer, jaringan, serta personel.

“Di Garut ini belum semua SMKN menerapkan daftar online, karena terkendala perangkat, jaringan dan kesiapan SDM,” kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong kepada wartawan, Rabu (11/7/2018).

Ia menuturkan, sebanyak 30 sekolah penyelenggara PPDB tahun ajaran 2018/2019 di Garut, hanya ada satu sekolah yang menerapkan sistem PPDB daring yakni SMP Negeri 2 Garut. Sekolah lainnya, lanjut Totong, sementara melaksanakan PPDB secara manual yakni pihak orang tua siswa datang langsung ke sekolah yang dipilihnya.

Baca Juga:  Dibutuhkan Masyarakat, Transportasi Daring di Jabar Tidak Bisa Dibendung

“Yang belum bisa online artinya orang tua harus datang langsung ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya,” kata dia.

Totong menyampaikan, pemerintah daerah menargetkan pada tahun berikutnya SMP berstatus negeri di Garut sebesar 50 persen sudah bisa menerapkan sistem PPDB daring. Terutama, sekolah yang peminatnya banyak akan secepatnya diberlakukan PPDB secara daring, sehingga masyarakat akan mudah mendaftarkan anaknya sekolah ke tingkat SMP.

“Terutama sekolah yang ada di kawasan perkotaan yang siswanya selalu membludak kita terapkan online,” ujar Totong.

Ia mengungkapkan, belum terlaksananya PPDB secara daring tersebut bukan hanya persoalan perangkat atau jaringan, dan SDM tetapi persoalan masyarakat yang belum bisa mengakses teknologi internet. Akibatnya, sekolah negeri di Garut tersebut sementara belum dapat menerapkan pembukaan penerimaan siswa secara daring karena menyesuaikan dengan kondisi masyarakat.

Baca Juga:  Smartphone Kece dan Mewah Ini Sekarang Hanya Rp 600 Ribuan

“Ya seperti yang tadi dijelaskan, jadi faktornya banyak kenapa di Garut belum semuanya online, karena melihat masyarakatnya juga masih banyak yang belum tahu,” kata Totong. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda