Hari Kamis Besok Digelar Rekapitulasi Hitung Suara Pilkada Garut

GosipGarut.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menjadwalkan Rapat Pleno Terbuka menyangkut Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut, dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Tahun 2018 digelar di Gedung Bela Negara Jalan Cipanas Baru Garut, Kamis besok (5/7/2018).

Menurut Sekretaris KPU Garut Ayi Dudi Supriadi, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018 di tingkat Kecamatan/Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sendiri sudah rampung. Semua kotak suara yang menyimpan surat-surat suara dari setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari sebanyak 42 PPK se-Kabupaten Garut pun sudah dikirimkan ke KPU.

“Semua kotak suara sudah diterima KPU, dan disimpan di gudang KPU di Pasir Muncang, dan di Bayongbong. Sedangkan khusus kotak suara berisi lembar Berita Acara hasil penghitungan suara di PPK-PPK disimpan di kantor KPU,” kata Ayi, Selasa (3/7/2018).

Baca Juga:  Pasangan Hasanah Luncurkan Program "Jawa Barat Seubeuh"

Dia menyebutkan keberadaan kotak-kotak suara itu mendapatkan penjagaan ketat aparat kepolisian selama 24 jam penuh. Dikatakannya, total jumlah kotak suara yang diamankan tersebut mencapai sebanyak 9.690 buah, terdiri atas sebanyak 9.438 buah yang digunakan tersebar di sebanyak 4.719 TPS, dan sebanyak 252 kotak suara yang digunakan tersebar di sebanyak 42 PPK.

Setiap TPS mendapatkan sebanyak 2 kotak suara, dan setiap PPK mendapatkan sebanyak 6 kotak suara digunakan. Belum diketahui pasti berapa perolehan suara didapatkan masing-masing pasangan calon (paslon) Bupati dan Wabup Garut maupun paslon Gubernur dan Wagub Jabar.

KPU Garut sendiri menghentikan proses penghitungan suara riil (real count) melalui sistem informasi penghitungan (situng) suara berdasarkan data Form C1 ketika jumlah data hasil suara masuk baru mencapai 94,13 % dari sebanyak 4.719 TPS.

Baca Juga:  PDIP Tidak Akan Rekomendasikan Calon yang Pernah Terjerat Hukum

Sebelumnya, Komisioner KPU Garut Lia Julilasih mengatakan, hasil situng KPU tersebut sekadar informasi awal hasil Pilkada, dan bukan keputusan tetap. Hasil penghitungan suara secara resmi baru akan diketahui pasti, dan ditetapkan pada Rapat Pleno KPU Garut pada Kamis besok. (IK/FJ)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda