Hati-hati… Ada Enam Perlintasan Kereta Api di Garut Tanpa Palang Pintu

GosipGarut.com — Perlintasan kereta api di jalur alternatif Cijapati Bandung-Garut, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, tanpa palang pintu sehingga pengendara diminta untuk berhati-hati saat melewati jalur alternatif itu.

“Jalan provinsi satu belum ada pengamanan yang berlokasi di Bangbayang, Kadungora,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman, Minggu (10/6/2018).

Ia menuturkan, perlintasan kereta api di Bangbayang itu merupakan jalur alternatif menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Garut melewati perbukitan Cijapati. Perlintasan itu, kata Suherman, sudah bertahun-tahun belum dipasang palang pintu otomatis maupun disiagakan penjaga khusus perlintasan dari PT KAI.

“Di perlintasan Bangbayang itu suka dijadikan jalan alternatif tapi selama ini tidak dibangun palang pintu perlintasan kereta di sana,” ujar dia.

Baca Juga:  Pjs Bupati Garut Antisipasi Merosotnya Kepercayaan Terhadap Pilkada

Suherman menyebutkan, ada enam perlintasan kereta api di Kabupaten Garut tanpa palang pintu, dua di jalan provinsi, dua di jalan kabupaten dan dua di jalan desa.

Persoalan perlintasan kereta api tanpa palang pintu itu, kata dia, sudah dibahas dengan pemerintah provinsi dan PTKAI. Sesuai peraturan, kewenangan membangun pintu perlintasan kereta api oleh masing-masing pemerintah daerah bukan PT KAI.

“Secara tupoksi berkewajiban untuk diperbaiki atau diurus oleh daerah masing-masing,” kata Suherman seraya mengimbau, pengendara yang melewati perlintasan kereta api untuk berhati-hati jangan sampai terjadi tabrakan. “Perhatikan situasi sekitar sebelum melewati jalur rel kereta api.” ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda