KPU Garut Libatkan 200 Tenaga Kontrak Untuk Sortir Surat Suara

GosipGarut.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menyortir surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) sebelum akhirnya didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Garut.

“Surat suara kita sortir dulu apakah ada yang rusak atau tidak,” kata Ketua KPU Kabupaten Garut Hilwan Fanaqi kepada wartawan, Selasa (29/5/2018).

Ia menuturkan, hasil sortir sementara ditemukan beberapa surat suara yang rusak, untuk selanjutnya dipisahkan dan dilaporkan.

Proses sortir surat suara itu, kata Hilwan, melibatkan tenaga kontrak sebanyak 200 orang yang bertugas memeriksa sebanyak 1,8 jutaan surat suara, selanjutnya dikemas untuk masing-masing kecamatan.

“Target selesainya sebelum distribusi KPU ke PPK sekitar pertengahan Juni jadi masih lama,” katanya.

Baca Juga:  Pilkada Garut 2018 Berpotensi Merugikan Negara Rp 40 Miliar

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Garut, Asep Burhan menyatakan, jajarannya terus mengawasi aktivitas penyortiran surat suara Pilgub Jabar yang dilaksanakan di gudang, Kecamatan Banyuresmi.

Menurut dia, pengawasan dalam proses penyortiran itu penting dilakukan karena berdasarkan pengalaman sebelumnya seringkali ditemukan surat suara yang kondisinya rusak terdistribusikan ke PPK.

“Seringkali petugas sortir tidak teliti, tidak terkontrol, harusnya dilihat dulu, sebelum didistribusikan,” ujar Asep.

Ia menyampaikan, pengawasan tidak hanya saat penyortiran tetapi mulai dari datangnya surat suara ke Garut, hingga nanti pendistribusian ke tingkat kecamatan, desa, hingga tempat pemungutan suara.

Selama ini, kata Asep, pendistribusian maupun saat penyortiran belum ditemukan kendala atau yang dapat mengganggu jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat di Garut.

Baca Juga:  Di Pilkada Garut 2018, PDI Perjuangan Ambil Posisi Lentur

Sementara itu, peserta Pilgub Jabar diikuti empat pasangan yakni nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, nomor urut 2 TB Hasanudin-Anton Charliyan, nomor urut 3 Sudrajat-Syaiku, dan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda