Catat…! Penerimaan Siswa Baru SMPN di Garut Gratis

GosipGarut.com — Pemerintah Kabupaten Garut menyampaikan penerimaan siswa baru tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Garut gratis karena sudah dialokasikan anggaran dari pemerintah untuk kegiatan tersebut.

“Kalau PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) itu gratis ada anggaran dari sekolah,” kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Totong kepada wartawan, Rabu (23/5/2018).

Ia menuturkan, usai kelulusan siswa sekolah dasar (SD), setiap SMP negeri maupun swasta di Garut sudah melakukan persiapan untuk menyelenggarakan PPDB. Agenda tahunan pendidikan itu, sudah ditetapkan aturan larangan memungut biaya saat proses pendaftaran. “Kalau melanggar, sanksinya bisa administrasi,” ujar Totong.

Namun pungutan dana kepada orang tua siswa, kata dia, akan diberlakukan oleh sekolah setelah siswa diterima di sekolah negeri bersangkutan. Aturannya, tambah Totong, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang sifatnya bantuan atau sumbangan tanpa dipatok besaran uangnya.

Baca Juga:  Pelajar Aliyah Garut Terpilih Jadi Duta Anak Perwakilan Jabar

“Berkenaan dengan bantuan bisa diberdayakan bersama, tapi pungutannya jangan dipatok,” kata dia searaya mengungkapkan, selama ini biaya untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar idealnya sebesar Rp 3 juta per siswa, sementara kemampuan pemerintah baru menganggarkan Rp1 juta.

Menurut dia, kekurangan dana pendidikan itu perlu dibantu dengan melakukan penggalangan dana sumbangan dari alumni atau dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. “Kami analisa kebutuhan kabupaten idealnya Rp 3 juta untuk satu siswa, baru proses pembelajaran sudah maksimal,” kata Totong.

Sementara itu, pelaksanaan PPDB SMP Negeri di Kabupaten Garut mulai dibuka 25 Juni sampai 5 Juli 2018, dengan tahapan awal dilakukan tes masuk. “Kami menjadwalkan penerimaan peserta didik baru tanggal 25 Juni sampai 5 Juli sesudah Lebaran, tes masuk 6 Juli,” ujar Totong. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda