12 Desa di Malangbong Garut Diproyeksikan Jadi Desa Wisata

GosipGarut.com — Sebanyak 12 desa dari total sebanyak 24 desa yang ada di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, diproyeksikan untuk dikembangkan sebagai desa wisata dengan basis wisata alam, budaya, dan kuliner.

“Setiap hari libur, Sabtu dan Minggu, biasanya jumlah wisatawan domestik yang datang cukup banyak. Sebagian besar remaja dari kota Garut, Sumedang, dan Tasikmalaya. Juga Bandung,” kata Ketua Forum Komunikasi Kelompok Pemerhati Pariwisata Kecamatan Malangbong Enung Komalawati, Senin (14/5/18).

Wisatawan dapat berkunjung ke lokasi wisata di sejumlah desa sesuai masing-masing minat dan kesukaannya. Baik sekadar menikmati keindahan panorama alam, pertunjukan seni budaya maupun sekadar mencicipi kuliner khas masyarakat setempat.

Semisal Taman Situ Ciranca di Desa Mekarmulya. Selain menikmati panorama danau alaminya yang indah, pengunjung di sana juga dapat berziarah ke makam keramat.

Baca Juga:  Di Talaga Bodas, Murah Meriah Tapi Bisa Lakukan Berbagai Aktivitas

Rencananya obyek wisata tersebut dikembangkan sebagai wisata edukasi alam flora fauna, dan wisata ziarah dengan disediakan sarana camping ground, dan out bond.

Di Desa Cikarag terdapat lokasi wisata Jati Areuy Selfi Cobra (JSC) di Gunung Cipeundeuy. Cocok terutama bagi mereka yang senang berswafoto. Di sana cukup banyak pilihan lokasi untuk berfoto, antara lain rumah pohon, dan tebing Cinta.

Rencananya, di sekitar lokasi tersebut akan dibangun sejumlah sarana pendukung semisal area ketangkasan domba garut, camping ground, dan rumah makan.

Bagi mereka yang gemar berwisata petualangan, di Malangbong juga terdapat air terjun yang relatif masih belum tersentuh. Semisal di Desa Sakawayana.

Menurut Enung, melihat besarnya potensi yang ada di wilayah Kecamatan Malangbong, pihaknya segera mengajukan sebanyak 12 desa di Malangbong dijadikan sebagai desa wisata.

Baca Juga:  Wisatawan Rayakan Peringatan HUT RI ke-73 di Gunung Papandayan

Yakni Desa Girimakmur, Sakawayana, Cilampuyang, Mekarasih, Sekarwangi, Cisitu, Karangmulya, Mekarmulya, Barudua, Sanding, Cinagara, dan Desa Cikarag.

β€œIni akan kami ajukan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Masing-masing desa memang memiliki daya tarik wisata, dan program unggulan berbeda-beda. Namun sebagian besar berupa seni budaya, kuliner, panorama alam. Perkebunan, pertanian, peternakan, handycraft, seni lukis , dan produk wisata edukasi,” ujarnya.

Dalam upaya merealisasikan terwujudnya desa-desa wisata di Malangbong tersebut, Pembina FK Kompepar Malangbong yang juga Sekretaris Camat Malangbong Asep Adjun Wachjudin menyatakan pihaknya akan terus memperkuat keberadaan sumber daya manusia (SDM) Kompepar di tingkat kecamatan maupun desa untuk juga bisa memberikan pemahaman terhadap masyarakat setempat mengenai desa wisata.

Baca Juga:  Leuwi Rahong Banyak Orang Menyebutnya "Blue Lagoon" Cisewu

“Kami juga mendorong Kompepar untuk terus bertukar pikiran dengan warganya dalam upaya pengembangan desa wisata ini,” ucapnya. (IK/FJ)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda