Sambut Ramadhan, Cagub Kang Hasan Ikuti Karnaval “Munggahan”

GosipGarut.com — Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut dua TB Hasanuddin mengikuti kegiatan karnaval “Munggahan” yang digelar oleh Kabupaten Cirebon, Jumat (11/5/2018) yakni tradisi dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

“Karnaval Munggahan yang diadakan Kabupaten Cirebon ini merupakan hal positif yang harus terus dipertahankan,” kata Tb Hasanuddin atau Kang Hasan dalam siaran persnya yang diterima Sabtu (12/5/2018).

Ia mengatakan selain menunjukkan kekompakan masyarakat dalam menampilkan kreasi seni dan budaya, kegiatan tersebut juga menjadi hiburan menarik, sambil menanti bulan penuh berkah tiba.

“Kegiatan Karnaval ini juga menunjukkan sifat kegotongroyongan, selain sebagai hiburan. Hal itu juga menjadi pengingat puasa akan segera tiba,” katanya usai membuka karnaval tersebut, di Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Sejumlah Nama Jalan di Kota Garut Akan Dirubah Dengan Nama Pahlawan

Kang Hasan menambahkan ada beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat, menyambut datangnya bulan puasa, di antaranya tradisi `toharoh` atau menyucikan diri melalui mandi besar atau membersihkan lingkungan sekitar.

Budaya dan tradisi tersebut, lanjut Kang Hasan, harus tetap dipertahankan. “Supaya budaya tetap jalan dan akidah tetap terjaga,” imbuhnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Susukan, Kabupaten Cirebon, Kiai Ali Murtado mengatakan, seluruh masyarakat yang hadir, menyambut baik kedatangan mantan anggota Komisi I DPR RI itu, pada pagelaran karnaval dua tahunan tersebut.

Kiai Ali berharap kegiatan tersebut semakin eksis sebagai tradisi yang unik dan positif dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah bisa kedatangan jenderal yang dibanggakan khusus melepas acara dan memberikan semangat. InsyaAllah bisa maju sama-sama ke depan (dengan Kang Hasan),” ujar Ali.

Baca Juga:  Pemerintah Cuek, Padahal Kantor KBPP Cisompet Nyaris Ambruk

Karnaval tersebut, diisi dengan parade budaya dan berbagai kreativitas seperti patung-patung besar, pertunjukan musik, hingga drama singkat yang disaksikan ribuan masyarakat sekitar. (FJ/Ant)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda