Desk Pilkada Jabar Bahas Netralitas ASN dan Percepatan KTP Elektronik

GosipGarut.com — Desk Pilkada Jawa Barat menggelar rapat koordinasi Pilkada Serentak 2018 di Gedung Sate Bandung, Jum’at (9/3/2018). Salah satu pembahasannya ialah pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan percepatan pencetakan KTP elektronik.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan netralitas ASN di Jawa Barat harus terus ditingkatkan dalam Pilkada Serentak 2018 ini. Menurutnya, selama ini terdapat 41 ribu PNS Pemprov Jawa Barat dan 30 ribu honorer sehingga ada sekitar 71 ribu ASN ini harus bersikap netral dalam Pilkada di Jawa Barat.

Sementara itu, KTP elektronik harus dibahas khusus supaya para wajib KTP di Jawa Barat memenuhi persyaratan untuk menggunakan hak pilihnya. Apabila belum bisa dicetak KTP elektroniknya, kata Iwa, bisa dibuatkan surat keterangan dari setiap dinas kependudukan dan pencatatan sipil setempat.

Baca Juga:  Irfan Hakim dan Ahmad Dhani Disebut Akan Ramaikan Pilkada Garut

“Sehingga saya minta Disdukcapil menyelesaikan KTP elektronik melalui program kerja dan antisipasi, penanggulannya juga. Sehingga melalui pertemuan ini, ada solusi bersama pemerintah kota dan kabupaten,” kata Iwa.

Selain itu, lanjut dia, dalam rakor tersebut juga dibahas tentang proses pemantauan pendaftaran dan penetapan pasangan calon, pemantauan pencairan bantuan keuangan, penerbitan surat edaran netralitas ASN, penetapan tujuh Pjs kepala daerah, dan kampanye yang terbebas dari fasilitas pemerintah.

“Sedangkan terkait bantuan keuangan, Desk Pilkada akan menjadikan perhatian khusus bagi kota dan kabupaten agar digunakan sebaik-baiknya sesuai rancangan anggaran. Terutama untuk peningkatan partisipasi pemilu dan fasilitas video conference untuk koordinasi,” ujar Iwa. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda