Sengketa Pilkada Garut, Pasti Optimis Menang di PT TUN

GosipGarut.com — Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Jakarta kabarnya akan segera memutus sidang perkara sengketa Pilkada Garut antara Pasangan Agus Supriadi — Teh Imas (Pasti) dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, yang rencananya akan digelar pada hari Rabu (14 Maret 2018).

Menyambut putusan tersebut, semua pendukung Pasti tentunya berharap-harap cemas dan tidak sabar untuk segera mengetahui hasilnya. Namun umumnya, pendukung optimis bahwa gugatannya mengenai keputusan KPUD Garut yang tidak meloloskan Pasti untuk ikut menjadi peserta kontestasi Pilkada 2018, akan diterima atau dimenangkan PT TUN.

Bentuk optimisme itu, menurut Ketua Tim Gabungan Pemenangan Pasti, Galih F Qurbany, muncul lantaran berdasarkan hasil pengamatan dan analisa hukum serta rangkuman dari berbagai pakar yang memberikan tanggapan atas persoalan yang terjadi dengan Pasti, bahwa gugatan pasangan ini memang layak untuk diterima majelis hakim PT TUN.

Baca Juga:  DPC PKB Garut Lounching Pendaftaran Calon Legislatif

“Paling tidak, kita dapat menemukan keyakinan objektivitas dan analisa hukum bahwa gugatan yang dilakukan pada PT TUN Jakarta itu memiliki bobot dan materi hukum yang cukup kuat untuk bisa menjadi alat bukti dibatalkannya semua keputusan KPUD Garut,” ujar Galih.

Ia menambahkan, alasan pertama yang dapat mengokohkan keyakinan tim Pasti adalah bahwa perjalanan persidangan di PT TUN tersebut memberikan indikasi yang cukup kuat dan respon positif dari majelis hakim terhadap semua argumentasi yang diberikan oleh tim advokasi.

“Alasan kedua kami juga memberikan novum atau bukti baru yang tidak bisa terbantahkan dan sangat menguatkan, sehingga tidak ada lagi asas legal formil yang mampu mementahkan bahkan mematahkan untuk dimenangkannya proses gugatan tersebut,” kata Galih.

Baca Juga:  Terima Suap, Ketua Panwaslu Garut Diberhentikan Sementara

Senada dengannya, salah satu kuasa hukum Pasti DR Cecep Suhardiman SH. MH mengatakan, bahwa dengan telah diberikannya bukti baru tersebut maka besar kemungkinan 95% pasangan Agus — Imas akan memenangkan gugatannya di PT TUN. Ia berharap itu terrealisir karena merupakan harapan dan keinginan seluruh pendukung Pasti.

Menurut Cecep, apa yang dipersoalkan oleh KPUD Garut yang menjadikan dasar bahwa Pasti tidak memenuhi syarat calon adalah sebuah keputusan yang salah dan cacat demi hukum. Oleh karenanya, pihaknya berharap KPUD Garut menetapkan Pasti menjadi peserta Pilkada Garut dengan nomor urut 5. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda