Di Garut Ada Bakso Lonjong yang Berisi Daging Iga

COBALAH datang ke Jalan Bharatayudha di Kecamatan Garutkota, Kabupaten Garut. Di sana ada sebuah kedai mie bakso bernama Bakso Buntel Iga Babeh. Bakso ini berbeda dengan bakso pada umumnya yang berbentuk bulat, di mana bakso buntel iga bentuknya lonjong dan di dalamnya terdapat potongan iga yang dibalut adonan.

Menggunakan potongan daging iga sapi lokal, setiap harinya warung bakso milik Dedi Setiawan (48) ini selalu dibanjiri oleh pembeli. Kalau pada hari-hari libur, pengunjungnya bisa mencapai ratusan orang baik dari Garut maupun luar daerah Kabupaten Garut.

Dedi mengatakan, adanya menu bakso buntel iga ini, karena ia menganggap bakso bukanlah sesuatu yang unik jika hanya berbentuk bulat saja.

Baca Juga:  Pujasega Otista Garut, Sebuah Restoran Bergaya Outdoor

“Bakso berbentuk bulat sudah banyak, tetapi yang di dalamnya ada iga cuma di sini,” kata Dedi seraya menambahkan, dari penjualan bakso buntel iga ini, dalam satu hari ia mampu meraup keuntungan hingga Rp 5 juta per hari.

“Pas jualan bakso biasa, untungnya tidak lebih dari Rp 1 juta dalam satu hari,” ujarnya. Untuk bisa menikmati bakso buntel iga, pembeli cukup merogoh kocek Rp 20 ribu untuk per porsi dan Rp 15 ribu untuk setengah porsi.

Menurut Irwan (41) warga Kecamatan Karangpawitan, bakso buntel iga ini adalah sesuatu yang baru di Kabupaten Garut dan di Jawa Barat sekali pun. “Bakso yang terkenal di Garut memang banyak, tapi yang unik baru ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Selama Libur Lebaran, Mie Bakso Mang Ayud Buka 24 Jam

Irwan mengatakan, kelebihan dari bakso ini yaitu serasa sedang menikmati sup iga, namun diberi tambahan mie dan bihun. “Kombinasi yang bagus, apalagi ditambah es kelapa muda,” ujarnya. (Trbn/TSN)

Ditandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda