Lima Perwakilan Negara Asing Terkesan Diundang Disparbud Garut

GosipGarut.com — Lima perwakilan negara asing yakni dari Malaysia, Iran, Afghanistan, Azerbaijan dan Kazakhstan khusus diundang oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut untuk melihat dan merasakan langsung potensi-potensi wisata yang ada di daerah ini di antaranya wisata alam, budaya, belanja, dan kuliner.

Mereka cukup terkesan dengan kunjungan ke Garut pada Kamis (22/2/2018) itu karena telah merasakan kesejukan udara di Samarang yang berada di dataran tinggi, lalu menginap di Cipanas yang mempunyai sumber air panas alami dengan pemandangan beberapa gunung yang mengitari Garut.

Mereka juga sangat terkesan ketika mengunjungi Candi Cangkuang, satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda yang terletak di tengah danau di Kampung Pulo, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, juga mereka singgahi.

Baca Juga:  Selain Santolo dan Rancabuaya, Ada 147 Pantai Baru di Jabar Selatan

Selain itu, mereka juga terkesan karena telah menikmati berbagai makanan khas Garut dan Sunda seperti nasi liwet, karedok, mi kocok, rujak dan lalapan. Tidak lupa juga berbelanja kerajinan akar wangi dan kulit.

Para perwakilan negara asing itu pun tentunya menyambut baik acara gebyar pesona budaya Garut yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Garut ke-205, sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan Garut dan kekayaan budaya Indonesia ke mancanegara.

“Saya mewakili Duta Besar Afghanistan mengucapkan terima kasih telah memperkenalkan Garut yang merupakan bagian lain dari Indonesia,” ujar Wakil Dubes Afghanistan Zalmai Wafamal, Jum’at (24/2/2018).

Zalmai yang datang ke Garut bersama keluarganya itu mengatakan akan mendorong otoritas di negaranya untuk membangun kerjasama dengan Indonesia terutama di bidang pariwisata. Kedua negara yang mempunyai sejarah hubungan yang panjang sejak Afghanistan menjadi salah satu negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia itu, menurut Zalmai, mempunyai banyak kesamaan maupun perbedaan.

Baca Juga:  Di Talaga Bodas, Murah Meriah Tapi Bisa Lakukan Berbagai Aktivitas

Persamaan, kata dia, akan membuat hubungan semakin kuat, sedangkan perbedaan akan memberi lebih banyak warna dan daya tarik untuk semakin saling mengenal.

Perwakilan negara sahabat lainnya, Konsul dari Kedutaan Besar Azerbaijan, Emil Ahmadov mengatakan bahwa sebagai sesama negara Islam, sudah selayaknya saling mendukung termasuk dalam bidang pariwisata.

“Setelah merasakan langsung potensi budaya dan pariwisata Garut termasuk melihat langsung industri kulit dan kerajinan, saya yakin Anda berada di jalur yang benar untuk mengundang wisawatan maupun investasi datang ke Garut,” katanya.

Direktur Malaysian Tourism to Indonesia, Roslan Othman bahkan menyebut acara Gebyar Pesona Budaya Garut itu adalah cara yang tepat untuk mempromosikan Garut ke mancanegara.

Baca Juga:  Para Seniman Garut Menyulap Situ Bagendit Menjadi Pasar Seni

“Ini adalah promosi budaya Garut yang sebenarnya,” ujar Roslan. ***

Ditandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda