Korban Banjir Bandang di Garut Dapat Bantuan Rumah Zakat

GosipGarut.com — Sejumlah korban banjir bandang luapan Sungai Cimanuk mulai menempati rumah tapak bantuan yang dibangun lembaga sosial Rumah Zakat di Kelurahan Lengkongjaya, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Direktur Program Rumah Zakat Murni Alit Baginda mengatakan, Rumah Zakat menyiapkan 10 rumah bantuan dari sejumlah donatur yang peduli kepada korban banjir bandang Sungai Cimanuk, Garut, yang terjado 20 September 2016.

“Rumah tapak ini merupakan hasil donasi dari para donatur Rumah Zakat di tahun 2017,” kata Murni usai penyerahan bantuan rumah kepada korban banjir, Sabtu (10/2/2018).

Ia menuturkan, Rumah Zakat menginisiasi program pembangunan rumah tapak sebagai bentuk kepeduliaan bagi korban yang terdampak banjir di wilayah Kabupaten Garut. Banjir bandang itu menyebabkan rumah warga rusak, sehingga donatur berkeinginan untuk membangun rumah baru di tempat yang aman dari banjir.

Baca Juga:  Garut Banyak Ditumbuhi Pohon Aren, Produksi Kolang Kaling pun Melimpah

“Rumah tapak dengan tipe 36 ini terdapat dua kamar tidur, satu ruang tamu yang merangkap dengan dapur, dan satu kamar mandi,” ujar Murni.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman yang hadir meresmikan rumah tapak itu mengatakan, penyerahan rumah bantuan untuk korban banjir Garut merupakan tahap kedua. Sebelumnya, bantuan rumah tapak untuk korban banjir sudah diserahkan di kawasan Pamoyanan, Kecamatan Tarogongkidul.

“Ini penyerahan tahap dua, khusus Kelurahan Lengkong ini bukan hanya kebahagiaan bagi yang menerima rumah tapi kebahagiaan kita semua,” katanya.

Helmi mengungkapkan, saat melihat rumah tapak tersebut dia merasa terharu karena korban banjir yang sebelumnya tinggal di pinggiran sungai mendapatkan rumah yang bagus, bahkan lebih bagus dari perumahan komersial.

Baca Juga:  Polisi Garut Tembak Pelaku Pencurian dan Asusila di Banyuresmi

Ia menyampaikan, warga korban banjir dipastikan akan mendapatkan bantuan rumah sesuai Peraturan Bupati (Perbup) tentang penanggulangan bencana banjir bandang. “Warga korban banjir yang asalnya rumah masuk gang sekarang menjadi bagus, katanya seperti mimpi,” kata Helmi.

Seorang penerima bantuan rumah, Atep (35), mengaku senang dapat bantuan rumah baru padahal sebelumnya tidak pernah terbayangkan dapat rumah yang bagus. “Alhamdulullah dapat rumah. Rumah yang dulu hanyut sekarang diganti,” kata Atep yang rumahnya akan ditempati bersama lima anggota keluarganya. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda