Berbahaya…! Lima Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan

KALAU ada sayuran yang tidak habis dimakan, kita inginnya memanaskan lagi, agar besok bisa disantap lagi. Tetapi hati-hati, ada lima makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi, lho.

1. Sayur bayam
Mungkin Anda sudah pernah mendengar kalau bayam tidak boleh dipanaskan lagi. Hal ini disebabkan karena adanya zat kimia nitra pada bayam. Kalau dipanaskan, nitra akan berubah asam nitrat yang beracun bagi tubuh.

Asam nitrat juga bisa berubah menjadi nitrosamin. Nitrosamin adalah zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, hal ini juga akan membuat darah sulit membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh akan kekurangan oksigen.

2. Kentang

Kentang juga tidak boleh dipanaskan. Kalau dipanaskan maka nutrisi di dalamnya akan hilang. Selain itu, kalau dipanaskan berulang-ulang bisa tumbuh bakteri Clostridium botulinum.

Baca Juga:  Cascara, Teh dari Kulit Kopi Garut yang Tembus Pasar Luar Negeri

Bakteri ini dapat menyebabkan tubuh keracunan atau disebut juga botulisme. Racun ini bisa menyerang sistem saraf yang ada di otak dan tulang belakang.

3. Ayam dan Telur

Ayam dan telur mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Kalau dipanaskan nutrisi di dalamnya akan hilang. Komposisi proteinnya pun akan berubah dan menimbulkan zat yang berbahaya bagi tubuh.

Khusus untuk telur, jika dimasak dalam keadaan utuh lalu dipanaskan lagi bisa menjadi beracun lho.

4. Jamur

Jamur yang sudah dimasak juga jangan dipanaskan lagi. Selain rasa, komposisi proteinnya juga dapat berubah bahkan menghilang.

Kalau sudah begitu, manfaatnya akan berkurang bagi tubuh kita. Hal ini juga bisa menyebabkan kita mengalami gangguan pencernaan. Contohnya seperti diare dan perut kembung.

Baca Juga:  Nasi Rames Khas Sunda Termasuk Makanan Terlezat di Dunia

5. Santan

Santan memang membuat makanan menjadi lebih gurih, tapi di dalam santan terdapat lemak. Nah, kalau dipanaskan lemak ini akan berubah menjadi lemak jahat. Pemanasan yang berulang-ulang dapat membuat lemak jahat semakin menumpuk. ***

Ditandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda