Batik Garut Disukai Warga Arab Saudi Hingga Prancis

GosipGarut.com — Batik Garut ternyata digemari warga di sejumlah negara, mulai Arab Saudi hingga Prancis. Selain di dua negara itu, juga disukai warga Singapura, Kanada, dan China.

Salah seorang pemilik sekaligus pengelola Batik Tulis Garutan, Aam Meilani, menyampaikan, awal mula batik Garut dapat diketahui lewat pameran yang diselenggarakan di masing-masing negara. “Dari pameran itulah penyuka berdatangan,” katanya, Rabu (10/1/2018).

Tidak hanya itu, Aam menambahkan, para penyuka batik luar negara ini juga memintanya untuk mengajarkan proses pembuatan batik. “Tidak hanya mengenalkan hasilnya, tetapi kita ajarkan tehnik pembuatannya, lagi pula motifnya unik,” ujar dia.

Aam menjelaskan, belum lama ini pihaknya bersama Saung Angklung Udjo pernah menggelar pameran di China untuk memperkenalkan batik asal kota dodol tersebut. “Kita mengkolaborasikan batik dengan seni bambunya Saung Angklung Udjo,” katanya.

Baca Juga:  Hak Komisioner KPU Garut Tersangka Kasus Gratifikasi Dihentikan

Tidak hanya memperkenalkan warisan budaya kepada penduduk dunia, Aam menyampaikan, aktivitas membatik ini dapat meminimalisir angka pengangguran di sekeliling galeri itu. “Kita libatkan penduduk sekeliling dalam produksi batik, dikarenakan batik ialah aset Garut yang mesti dipertahankan,” katanya. (Trbn/FJ)

Ditandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda