Umumnya Bangunan SMP di Garut yang Rusak Akibat Gempa Sudah Diperbaiki

GosipGarut.com — Umumnya, atau sekutar 70 persen bangunan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Garut yang rusak akibat guncangan gempa bumi Tasikmalaya sudah diperbaiki. Sebab diakui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat bahwa sejak musim liburan lalu, pihaknya meminta pihak sekolah untuk memperbaiki bangunan SMP terdampak gempa itu.

“Jadi ketika mulai dilakaanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada tanggal 2 Januari 2018, pelaksanaan KBM itu tidak sampai terganggu. Umumnya, bangunan yang rusak sudah diperbaiki meski ada satu dua yang belum diperbaiki,” kata Kepala Bidan (Kabid) SMP Disdik Garut Totong, Rabu (3/1/2018).

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi jika ada sekolah yang bangunannya masih rusak sehingga dapat mengganggu KBM di suatu kelas, bisa bergabung dengan kelas lain. Tetapi kemungkinan hal itu cukup kecil, karena perbaikan secara keseluruhan di SMP terdampak gempa sudah dilakukan, yakni mencapai sekitar 70 persen.

Baca Juga:  Rugikan Negara Rp 3,2 Miliar, GGW Laporkan Bidang PAUD Disdik ke Kejari

Totong menyebut, pada musim libur kemarin pihaknya sudah mengintruksikan para kepala sekolah supaya memperbaiki kerusakan ringan. Dana perbaikan, kata dia bisa bersumber dari anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai peruntukan.

“Kemudian kami juga sudah memasukan dan mengusulkan beberapa sekolah terutama yang kategori rusak sedang ke program kabupaten, provinsi maupun ke Dirjen Dikdasmen Kemendikbud pada tahun 2018,” ujarnya

Sebelummya, Disdik Garut mendata 17 SMP terkena dampak gempa Tasikmalaya bulan lalu. Jenis kerusakan bervariasi antara lain bangunan yang retak-retak dan ambruk, ambruknya genting dan plafon serta kaca ruangan yang pecah.

Ketujuh belas sekolah tersebut ialah SMPN 1 Singajaya, SMPN 3 Pakenjeng, SMPN 3 Cikelet, SMPN 1 Pameungpeuk, SMP Muhammadiyah Pameungpeuk, SMP Muhammadiyah Cikelet, SMPN 2 Singajaya, SMPN 2 Banjarwangi, SMPN Satap 1 Cibalong, SMPN 1 Banjarwangi, SMPN 2 Cibalong, SMPN Satap 2 Cibalong, SMPN Satap 2 Cikelet, SMPN 1 Kadungora, SMPN 4 Garut, SMP PGRI Pameungpeuk, dan SMPN 5 Malangbong. ***

Ditandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda