Mulai Maret, Perbaikan Sekolah yang Rusak Akibat Gempa Bumi

GosipGarut.com — Kepala Bidang Sekolah Dasar (Kabid SD) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, Ade Manadin mengatakan, perbaikan bangunan sekolah yang rusak akibat gempa bumi Tasikmalaya akan mulai diperbaiki sekitar bulan Maret 2018.

“Pada intinya bangunan yang rusak harus cepat diperbaiki. Sekarang sedang di RAB anggaran dari APBN ke program sekolah. Ya, sekitar Maret akan diperbaikinya. Kalau yang rusak sedang dan ringan sudah diperbaiki secara bertahap,” kata dia, Rabu (3/1/2018).

Ade menerangkan, akibat gempa lalu itu sebanyak 75 ruang kelas di 59 Sekolah Dasar (SD) lingkungan Dinas Pendidikan yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Garut mengalami kerusakan. Tingkat kerusakan di 59 SD itu beragam.

Baca Juga:  Babinsa di Garut Ikut Berperan dalam Penanggulangan Sampah

Berdasarkan hasil pendataan di lapangan sebanyak 26 ruang kelas di 21 SD rusak berat (RB), lainnya di 31 SD rusak sedang (RS), dan di 16 SD rusak ringan (RR).

Selain ruang kelas, kerusakan juga menimpa gedung perpustakaan di 3 SD, bangunan kantor di 3 SD, rumah dinas di satu SD, bangunan MCK di 3 SD, dan pagar di 2 SD. Dan yang paling parah dialami SD Cintanagara 3 di Kecamatan Cigedug.

Semua ruang kelas yang berjumlah enam ruang di SD tersebut tidak bisa digunakan karena ambruk akibat gempa. “Mulanya memang terdampak gempa, lalu ada angin puting beliung, dan akhirnya ambruk.” kata Ade. (Dindin Herdiana)

Ditandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda