Puluhan Rumah di Garut Rusak Akibat Gempa, di Mana Saja?

GosipGarut.com — Gempa bumi 6,9 SR yang berpusat di laut selatan Tasikmalaya, Jum’at tengah malam (15/12/2017), mengakibatkan puluhan rumah di Kabupaten Garut rusak. Seperti sebuah rumah di Kecamatan Bayongbong, dinding rumah milik Yaman itu ambrol.

Lalu reruntuhan dinding rumah milik Yaman yang ambrol itu menimpa rumah milik Entis, tetangga Yaman. Beruntung dalam peristiwa yang terjadi di Kampung Jambansari RT 04/04 Desa Bayongbong itu tidak menimbulkan korban jiwa.

“Sebuah rumah milik warga di Kecamatan Cikelet juga rusak akibat gempa Tasikmalaya. Rumah tersebut terletak di Kampung Kihujan, Desa Kertamukti, Kecamatan Cikelet, milik Hadin,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus dalam rilisnya, Sabtu (16/12/2017).

Baca Juga:  Guru di Desa Panggalih, Saban Hari Berpacu di Atas Lumpur

Sementara itu di Kecamatan Cikajang, menurut dia, tiga rumah milik warga mengalami kerusakan. Rumah warga itu terletak di tiga desa yaitu Desa Cikajang, Cibodas dan Desa Girijaya.

“Untuk di wilayah Kecamatan Cibalong, dua rumah rusak milik Ida dan Otang. Di mana sebagian dinding rumah bagian depan milik ibu Ida retak dan ambrol. Sedangkan rumah Pak Otang mengalami retak di sebagian dinding dan atapnya ambrol,” ungkap Yusri.

Ia menambahkan, titik kerusakan rumah terbanyak di Garut sementara ini terdapat di wilayah Kecamatan Cilawu. Enam rumah milik warga dikabarkan rusak berat.

“Rumah milik Iloh tembok belakangnya roboh, rumah milik Sukmayasari sebagian rumah roboh, rumah milik Pak Hadiyat retak di bagian dinding dan sebagian dapur roboh. Selain itu rumah Bu Euis Rosdiani mengalami roboh, rumah Bu Cicah dan rumah Bibik juga bagian belakang rumah dan atapnya roboh,” jelas Yusri.

Baca Juga:  Yuseph Saepurohim Masih Fokus Serap Aspirasi Warga di Garut Tengah

Kerugian akibat rusaknya rumah warga itu ditaksir hingga ratusan juta rupiah. Hingga saat ini, petugas gabungan masih mendata jumlah total kerusakan yang diakibatkan gempa bumi di wilayah Garut. “Sudah, saat ini secara umum situasi sudah aman dan kondusif,” tandas Yusri. (dtc/FJ)

 

Ditandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda