Pancawarna Garut Masih Diburu, Kini Oleh Peminat dari Mancanegara

GARUT — GosipGarut.com — Meski dikatakan sempat redup, batu pancawarna dari Kabupaten Garut ternyata tetap diburu peminat. Bukan saja dari dalam negeri, bahkan kini sudah menjadi buruan para peminat dari sejumlah negara, terutama dari kawasan Asia dan Eropa.

“Batu dari Garut ini tidak hanya banyak dibeli di dalam negeri tapi sampai ke beberapa negara juga,” kata Ketua Koperasi Lasminingrat Batu Akik Garut, Yudi Nugraha.

Ia menyebutkan, pengusaha dan kolektor asing yang sering membeli batu akik dari Garut, yakni dari Malaysia, Singapura, Thailand, China, dan Rusia. Negara yang meminta untuk dikirimkan batu akik dari Garut itu, kata Yudi, biasa digunakan untuk aksesori, kemudian dijadikan liontin sebagai perhiasan kalung untuk perempuan.

Baca Juga:  Mario Gomez: Kemenangan 1-0 Atas PSIS Modal Penting Bagi Persib

“Mereka biasa memesan buat aksesori busana perempuan, kalung, kayak seperti mutiara,” katanya.

Menurut Yudi, negara yang cukup banyak dan sudah lama berminat terhadap batu akik dari Garut, yaitu Rusia, dibandingkan dengan negara lainnya. Jumlah pesanannya, kata dia, tidak tentu. Dalam satu kali pengiriman ke satu negara antara 100 sampai 500 batu, berupa liontin dengan kualitas batu terbaik jenis pancawarna.

“Pesanan dari Rusia lebih banyak, bahkan sudah membeli batu dari Garut sejak tahun 80-an,” ujar Yudi seraya menambahkan, batu yang diambil dari alam pegunungan selatan Garut sudah lama terkenal di beberapa negara.

Kolektor batu dari luar negeri, kata dia, mengakui kualitas dan keindahan batu dari Garut. “Ternyata orang luar negeri itu selalu mengarahkan batu terbaik dan bagus itu ada di Garut,” tutur Yudi.

Baca Juga:  ATM di Jalan Raya Bayongbong Dibobol Maling, Rp 375 Juta Melayang

Ia berharap, batu akik yang diproduksi perajin asli Garut dapat terus diminati banyak orang dari dalam maupun luar negeri. Pemerintah, ditegaskan Yudi, perlu mendorong produk kerajinan batu akik dari Garut agar tetap terjaga kelestariannya sebagai ciri khas Garut. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda