PT. Changsin Bendung Sumber Air, Warga Protes ke DPRD Garut

Seorang Pejabat Garut Diduga Terlibat

GARUT – GosipGarut.com — Ratusan massa dari tiga desa di Kecamatan Leles mendatangi gedung DPRD Garut, Senin (16/10/2017). Massa itu protes dan menuntut keadilan terkait sumber air yang dibendung PT. Changsin (pabrik sepatu Nike) serta berdampak pada keringnya air khususnya di tiga desa: Karangmulya, Rancasalak, dan Mandalasari.

Salah seorang warga Kampung Rancasalak, Dayat (47) menyatakan, PT. Changsin dianggap telah merebut hak mereka tentang penggunaan air, sehingga tiga desa terdampak mengalami kekeringan dan kesulitan air. Karena itu, kata dia,  warga menuntut DPRD Garut supaya menutup bendungan Changsin itu.

Warga juga meminta dewan untuk memberikan teguran kepada PT Changsin, meminta agar DPRD supaya tidak memberikan rekomendasi kepada PT Changsin untuk membendung sumber air di daerah Danoh, Kecamatan Leles. Karena jelas akan merugikan petani, sebab air akan berkurang untuk mengairi sawah mereka.

Baca Juga:  Seusai Asian Games, di Garut Akan Digelar Razia PKL Besar-besaran

Diungkapkan  Atep, warga Desa Karangmulya,  selain sebagai sumber pengairan untuk sawah, sumber air yang dibendung PT. Changsin itu pun digunakan warga untuk keperluan air minum. “Sebenarnya yang terdampak akibat dibendungnya sumber mata air tersebut ada delapan desa lebih di dua kecamatan, yakni Leles dan Kadungora,” terangnya.

Disebutkan  juga, selain oleh PT. Changsin, sumber air itu juga terganggu oleh adanya pembangunan penampungan air yang diambil dari sungai Ciharus. Perusahaan tersebut konon adalah milik H. Uu, salah seorang pejabat teras di lingkungan Pemkab Garut.

Oleh karena itu, Korlap aksi, Andres Restu meminta agar DPRD dan Bupati Garut lebih berpihak kepada masyarakat di dua kecamatan tadi. Massa pun mengancam tidak akan keluar dari gedung DPRD Garut sebelum bupati dan DPRD mengabulkan tuntutan mereka. (Yayat Ruhiyat)

Baca Juga:  Seorang Calo dan Dua Pegawai Disdukcapil Garut Ditangkap Tim Saber Pungli

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda