Kelumpuhan Kinanti Engelika Karena Infeksi Paru-paru?

GARUT – GosipGarut.com — Kelumpuhan yang dialami Kinanti Engelika, pasien asal Kampung Kondangsari, Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, yang dideritainya usai divaksin atau imunisasi (Measles Rubella) diduga dampak dari infeksi paru-paru yang menyerang balita berusia 2,5 tahun itu.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet, Garut, Maskut Farid, menyatakan, Kinanti pertama kali masuk ke rumah sakit pada 4 Oktober 2017. Saat masuk, pasien Kinanti mengeluh sesak napas, batuk, dan sebagian tubuh mengalami lumpuh layu.

Dengan kondisi seperti itu, dokter kemudian mendiagnosis penyakit yang diderita balita tersebut. Hasilnya, Kinanti diagnosis menderita infeksi paru-paru, sehingga dokter pun memberi resep obat IVIG (imunoglobulin intravena) kepada pasien.

Baca Juga:  Imunisasi Difteri Satu Juta Warga, Garut Masih Tunggu Kiriman Logistik

“Obat itu hanya tersedia di faskes tingkat tiga seperti di RSHS (Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung). Lalu disarankan untuk dirujuk ke RSHS, tapi kondisi ruang PICU RSHS sedang penuh,” kata Maskut kepada wartawan belum lama ini.

Maskut menjelaskan, berdasarkan keterangan ibunya, Kinanti pertama kali divaksin pada 15 September di Posyandu Cibatu, dalam keadaan sehat dan tidak mengalami demam. Namun, lima hari kemudian, saat bangun tidur Kinanti terjatuh. Kedua kakinya lemah dan tak bisa berjalan.

Saat diperiksa di Intan Husada, Kinanti didiagnosis menderita lumpuh layu. “Lalu disarankan rawat inap dan berkonsultasi dengan spesialis saraf. Tapi, orangtuanya menolak dirawat karena alasan biaya,” katanya.

Baca Juga:  Dinas Kesehatan Garut Terus Pantau Penyebaran Penyakit Difteri

Setelah itu, Kinanti baru mendapatkan perawatan dari pihak RSUD dr Slamet dengan pelayanan optimal. Sebab, kondisi pasien yang lumpuh usai imunisasi itu  membutuhkan tindakan lanjutan, hingga akhirnya ditempatkan di ruang ICU. ***

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda