Home / Hukum & Kriminalitas / Dihuni 461 Orang, Lapas Garut Kelebihan Kapasitas

Dihuni 461 Orang, Lapas Garut Kelebihan Kapasitas

Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

lapas 300x150 Dihuni 461 Orang, Lapas Garut Kelebihan Kapasitas

Ilustrasi/ISTIMEWA

Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Garut saat ini sebanyak 461 orang, terdiri dari 407 narapidana dan 54 tahanan titipan. Hal itu sudah dianggap over kapasitas karena narapidana (Napi) dan tahanan yang ditempatkan di Lapas tersebut tidak sebanding dengan jumlah semestinya, di mana daya tampung hanya 340 orang.

Kendati demikian, ditegaskan Kepala Lapas (Kalapas) Klas II B Garut Rahmat Mulyana, berlebihnya jumlah napi dan tahanan yang ditempatkan di Lapas Garut tidak terlalu bermasalah. Pasalnya, kondisi serupa juga dapat ditemukan pada beberapa lapas daerah lain.

“Justru di daerah lain menurut saya lebih parah, over kapasitasnya bisa tiga bahkan sampai empat kali lipat dari yang seharusnya. Misalnya, ada satu lapas yang menampung napi sebanyak 2.000 orang. Sedangkan seharusnya, lapas itu menampung 500 napi saja,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at (19/7).

Rahmat menambahkan, sejumlah fasilitas listrik, air dan pembinaan di Lapas Garut masih memadai. Untuk ketersediaan air, lapas ini setidaknya mengerahkan tiga unit sumur. “Semua sumur di sini menggunakan artesis. Jadi meski kemarau, ketersediaan untuk semua orang di lapas masih bisa terpenuhi. Suplai listrik pun selama ini baik-baik saja, tidak ada masalah. Sedangkan untuk fasilitas pembinaan di sini terbilang lengkap,” ujarnya.

Dia menyebutkan, seluruh fasilitas pembinaan yang ada di Lapas Garut adalah sarana rohani, sarana olah raga, bengkel, pabrik bulu mata, peternakan doma potong, peternakan domba Garut, peternakan ayam, dan kolam perikanan. “Kami harus menjalankan tugas dengan baik. Termasuk juga, untuk memanusiakan dengan layak para napi dan tahanan,” kata Rahmat.

Lapas Klas II B Garut sendiri terdiri dari lima blok, yaitu Blok napi, blok tahanan, blok masa pengenalan lingkungan (Mapenaling), blok anak, dan blok wanita. Adapun jumlah total pegawai Lapas Garut sebanyak 84 orang, yaitu sebanyak 42 petugas jaga dan 42 lainnya petugas administrasi. (SNDN/FJ)


Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

About Gosip Garut

Gosip Garut merupakan berita dan informasi serta wahana penyalur aspirasi dan kritik membangun Kota Garut. Gosip Garut dengan alamat situs www.gosipgarut.com diterbitkan berdasarkan UU Pokok Pers Tahun 1999 oleh Yayasan Media Aktualita Mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top