Home / Politik / Pilbup Garut 2013, Partai Golkar dan PDIP akan “Kawin” Lagi?

Pilbup Garut 2013, Partai Golkar dan PDIP akan “Kawin” Lagi?

Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

Golkar PDIP Pilbup Garut 2013, Partai Golkar dan PDIP akan “Kawin” Lagi?Dua partai politik (Parpol) besar di Kabupaten Garut, yakni Partai Golkar dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki sejarah tersendiri dalam sejumlah moment politik, pemilihan bupati/wakil bupati (Pilbup) Garut. Kedua Parpol ini sudah dua kali “kawin” atau berkoalisi untuk merebut kekuasaan Garut Satu (G-1) dan Garut Dua (G-2). Menjelang terselenggaranya Pilbup Garut 2013 pun, kembali tersiar rumor bahwa Parpol berlambang pohon beringin dan Parpol berlambang banteng moncong putih ini akan kembali “kawin”.

Memang, merunut peristiwa di dua Pilbup Garut lalu, perkawinan antara Partai Golkar dengan PDIP sempat mencatatkan sejarah tersendiri di perpolitikan kabupaten penghasil dodol ini. Pada Pilbup Garut 2003, terjadi koalisi antara Partai Golkar dengan PDIP di mana masing-masing mengusung Agus Supriadi sebagai calon bupati dan Memo Hermawan sebagai calon wakil bupati. Pasangan ini keluar sebagai pemenang dan terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut periode 2003-2008.

Namun pemerintahan pasangan tersebut tidak berjalan mulus. Di awal kekuasaannya, Kang Memo – demikian panggilan akrab bagi Memo Hermawan – sempat diterjang masalah dengan tuduhan pemalsuan ijazah dan kasusnya sempat disidik pihak kepolisian. Sedangkan bagi Agus Supriadi bahkan lebih tragis lagi, dia diberhentikan dari jabatan Bupati Garut sebelum masa jabatannya berakhir. Kang Memo akhirnya  ditunjuk menjadi Plt bupati dan selanjutnya menjadi Bupati Garut hingga akhir masa jabatannya.

Pada Pilbup Garut 2008, Partai Golkar kembali “kawin” dengan PDIP. Saat itu, Partai Golkar mengusung Rudi Gunawan sebagai calon bupati, sedangkan PDIP mengusung Oim Abudrrohim sebagai wakil bupati. Namun berbeda dengan Pilbup sebelumnya, pada Pilbup Garut 2008, perkawinan Golkar – PDIP tidak sampai berujung pada “bulan madu”. Sebab, pada putaran kedua, pasangan Rudy – Oim dikalahkan pasangan Aceng HM Fikri – Dicky Chandra Negara yang maju lewat jalur perseorangan.

Akankah Partai Golkar – PDIP kawin lagi di Pilbup 2013? Sebagaimana rumor yang beredar di tengah masyarakat Garut saat ini, disebutkan bahwa PDIP akan mengusung anggota DPRD Jawa Barat yang juga mantan Wakil Bupati Garut periode 2003 – 2008, Memo Hermawan  sebagai calon bupati. Sedangkan Partai Golkar akan mengusung Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD)-nya, Ade Ginanjar sebagai calon wakil bupati.

Saat dikonfirmasi wartawan Senin (27/05), Ade Ginanjar menyatakan, sangat dimungkinkan terjadinya koalisi antara Partai Golkar dengan PDIP untuk maju di Pilbup mendatang. Menurutnya, berbagai pertimbangan telah dilakukan secara matang terkait rencana koalisi partai dan pengusungan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Garut. “Namun sampai saat ini, secara tertulis belum ditandatangani pengurus DPD Partai Golkar Jabar maupun dari tingkat Pusat (DPP). Kita sepakat mengusulkan saja. Soal setuju atau tidaknya, itu kewenangan DPP,” jelasnya. ***

 

 


Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

About Gosip Garut

Gosip Garut merupakan berita dan informasi serta wahana penyalur aspirasi dan kritik membangun Kota Garut. Gosip Garut dengan alamat situs www.gosipgarut.com diterbitkan berdasarkan UU Pokok Pers Tahun 1999 oleh Yayasan Media Aktualita Mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top