Home / Ragam / Ada 16 Kecamatan di Garut Dibayangi Bencana Longsor

Ada 16 Kecamatan di Garut Dibayangi Bencana Longsor

Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

longsor1 Ada 16 Kecamatan di Garut Dibayangi Bencana Longsor

Bencana longsor. (Ilustrasi/ISTIMEWA)

Saat musim hujan, setidaknya ada 16 kecamatan di Kabupaten Garut yang rawan dan dibayangi bencana alam berupa tanah longsor. Ke-16 kecamatan itu berada di wilayah Garut Selatan. Selain bencana tanah longsor, sebagian besar areal tersebut berpotensi mengalami banjir bandang dan pergerakan tanah.

“Sebanyak 16 kecamatan di Garut Selatan memiliki titik-titik rawan longsor, banjir bandang, dan pergeseran tanah. Selalu saja ada bencana tersebut pada musim hujan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Garut Zatzat Munazat.  Namun demikian, lanjut Zatzat, bencana saat musim hujan tidak hanya mengancam kawasan selatan Kabupaten Garut, melainkan juga kawasan tengah. Bencana akibat tanah labil atau bertambahnya debit air sungai secara drastis tersebut bisa terjadi di dua kawasan tersebut.

“Longsor sering terjadi di kawasan tengah Garut, Kecamatan Karangpawitan dan Garut Kota. Longsor di wilayah ini, selalu disebabkan alih fungsi lahan dan penggunaan lahan miring untuk permukiman. Untuk longsor juga terjadi di wilayah utara,” katanya.

Berdasarkan peta gerakan tanah dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Garut yang diterbitkan tahun 2007 lalu, seluruh kecamatan di Kabupaten Garut didominasi area berpotensi gerakan tanah tingkat rendah dan menengah.  Zona gerakan tanah rendah hanya terdapat di sebagian area Kecamatan Tarogongkidul, Tarogongkaler, Karangpawitan, Kadungora, Cibiuk, dan sebagian kecil lainnya di sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut utara.

“Selain itu, zona gerakan tanah sangat rendah pun terdapat di kawasan pantai Pameungpeuk, Cibalong, dan Cikelet. Zona gerakan tanah rendah dan menengah tersebar di seluruh kecamatan,” jelas Zatzat.

Sedangkan, zona gerakan tanah tinggi dalam skala besar di antaranya terdapat di Kecamatan Banjarwangi, Singajaya, Cisompet, Pakenjeng, Cisewu, Caringin, Cikajang, Bayongbong, Tarogongkaler, dan Garut Kota. Warga yang mengalami atau mengetahui bencana di wilayahnya, diimbau untuk segera melapor pada aparat pemerintahan atau keamanan terdekat. (SNDN/FJ)


Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

About Gosip Garut

Gosip Garut merupakan berita dan informasi serta wahana penyalur aspirasi dan kritik membangun Kota Garut. Gosip Garut dengan alamat situs www.gosipgarut.com diterbitkan berdasarkan UU Pokok Pers Tahun 1999 oleh Yayasan Media Aktualita Mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top