Home / Ragam / Petani Garut Rugi, Tanaman Padi Sarinah Diserang Beluk
Ilustrasi/ISTIMEWA
Ilustrasi/ISTIMEWA

Petani Garut Rugi, Tanaman Padi Sarinah Diserang Beluk

Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

padi 300x224 Petani Garut Rugi, Tanaman Padi Sarinah Diserang Beluk

Ilustrasi/ISTIMEWA

Akibat intentistas hujan cukup tinggi dan diduga karena  pemberian pupuk urea berlebihan, penyakit beluk menyerang tanaman padi varietas Sarinah di areal persawahan Kecamatan Samarang, Kabupaetn Garut. Tak pelak, dengan serangan penyakit itu, petani mengalami kerugian lantaran hasil panen akan mengalami penurunan produksi.

“Beluk ini merusak tanaman yang menyebabkan padi tidak berisi,” kata Idang (40) salah seorang petani di Kampung Lengkong Kaler,  Desa/Kecamatan Samarang, kepada wartawan, Jum’at (12/4).

Serangan beluk itu, kata Idang, sudah sebagian menyerang sawah yang digarapnya seluas hampir satu hektar pada usia tanam tiga bulan atau dua pekan lagi menjelang panen. Ia memperkirakan hasil panen nanti hanya mampu mencapai dua ton dari biasanya 5 ton lebih gabah basah, dengan kerugian materi sekitar Rp.10 juta.

“Biasanya sawah yang saya garap ini hasil panennya sampai 5 ton lebih, tapi adanya serangan beluk ini diperkirakan turun sampai 3 ton,” kata Idang seraya mengungkakan, baru mengalami areal sawahnya itu terserang penyakit jenis beluk, sedangkan musim jelang panen sebelumnya biasanya diserang hama tikus.

Menurut Idang, serangan beluk itu disebabkan intentistas hujan tinggi, dan diduga karena kelebihan pemberian pupuk urea, sehingga mengganggu proses pembuahan. “Baru kali ini diserang beluk, mungkin ini salah saya sendiri yang kebanyakan memberi pupuk pada musim hujan sekarang ini,” katanya.

Agar serangan beluk itu tidak meluas ke tanaman padi lainnya, Idang berupaya memberikan obat ke seluruh areal sawahnya dengan harapan tidak menyebabkan kerugian lebih besar dari hasil panennya nanti. “Mudah-mudahan saja dengan diberi obat fungsida tidak menyerang tanaman lainnya, sehingga kerugian tidak terlalu besar,” katanya. ***

Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

About Gosip Garut

Gosip Garut merupakan berita dan informasi serta wahana penyalur aspirasi dan kritik membangun Kota Garut. Gosip Garut dengan alamat situs www.gosipgarut.com diterbitkan berdasarkan UU Pokok Pers Tahun 1999 oleh Yayasan Media Aktualita Mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>