Home / Sosial Budaya / 350 Siswa Tingkat Menegah Atas Ikuti Seleksi BPUN Anshor
Ilustrasi/ISTIMEWA
Ilustrasi/ISTIMEWA

350 Siswa Tingkat Menegah Atas Ikuti Seleksi BPUN Anshor

Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

Ilustrasi/ISTIMEWA

Ilustrasi/ISTIMEWA

Bertempat di lima sekolah yang telah ditentukan pihak panitia, GP Anhor Kabupaten Garut menggelar ujian seleksi atau try out untuk menjaring 60 siswa yang nantinya masuk dalam pogram Bimibingan Pasca Ujian Nasional (BPUN). Kelima sekolah tersebut adalah SMK Maarif NU, STAINU, MA Nurul Huda, MA Bani Abi Bakar dan MA Maarif CIkelet.

Menurut penanggungjawab kegiatan BPUN, Asep Khoer, mereka yang ikut ujian ini diprioritaskan adalah siswa kurang mampu, namun memiliki prestasi dan keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri (PTN). Selain mengantar siswa ke PTN, Asep berharap siswa dapat mendapatkan beasiswa terutama jalur bidik misi dengan berbagai program studi seperti di UPI, ITB, Unpad, UGM, UI dll.

Ujian ini berupa tes tertulis yang berisi soal soal mata pelajaran yang di-UN-kan sebanyak 75 soal dengan waktu 2 jam. Ratusan murid tampak anstusias mengikuti ujian tersebut. Siswa/i ini berasal dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Garut baik swasta maupun negeri, di antaranya MAN 1, SMAN 15, SMAN 6, SMKN 1 Garut, SMK Maarif, SMK Musadad, dll.

Asep menuturkan, program ini secara nasional telah digulirkan sejak tahun 2007 oleh Yayasan Mata Air yang bekerja sama dengan Yayasan Ansoruna. Telah diselenggarakan di berbagai kabupaten/ kota di Indonesia. Untuk Garut dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu. Sejak tahun 2007 itu pula program ini telah meluluskan lebih dari seribu siswa kurang mampu masuk ke perguruan pergurunan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Untuk tahun ini, ke-60 siswa yang lolos untuk mendapatkan BPUN kuotanya 50 orang berasal dari Garut dan 10 orang dari kabupaten Sumedang. 60 siswa ini dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas IPA dan IPS. BPUN akan dilaksanakan selama 40 hari, mulai 22 April s/d 3 Juni bertempat di pondok pesantren Al Musadaddiyah Garut.

“Ponpes Al Musadaddiyah dipilih karena ponpes ini di dalamnya terdapat sekolah umum dan berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Ini sesuai dengan intruksi dari GP Anshor Pusat,” tutur Asep seraya menjelaskan, materi pembelajaran yang diberikan selama BPUN berlangsung adalah Mujahadah dan Istighosah, pelajaran umum di sekolah, try out harian dan mingguan, capacity building, serta outbound. (Yuyus)

Ikuti terus Gosip seputar Garut di www.gosipgarut.com dengan mem Follow Twitter kami di @gosipgarut dan jangan lupa Like Fans Page kami di https://www.facebook.com/431022283603123. Klik disini untuk menuju halaman Gosip Terbaru

About Gosip Garut

Gosip Garut merupakan berita dan informasi serta wahana penyalur aspirasi dan kritik membangun Kota Garut. Gosip Garut dengan alamat situs www.gosipgarut.com diterbitkan berdasarkan UU Pokok Pers Tahun 1999 oleh Yayasan Media Aktualita Mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>