Home / Ragam / Hadapi Musim Kemarau 2013, Garut Ajukan 20 Ribu Jeriken
Download Gosip Garut di Play Store
Ilustrasi/ISTIMEWA
Ilustrasi/ISTIMEWA

Hadapi Musim Kemarau 2013, Garut Ajukan 20 Ribu Jeriken

GARUT — GosipGarut.com — Hampir tiap musim kemarau, sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut selalu mengalami krisis air bersih. Karenanya, sarana pengadaan dan penampung air bersih harus tetap diprioritaskan. Menghadapi musim kemarau itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mengajukan pengadaan 20 ribu jeriken, yang nantinya akan dibagikan kepada keluarga di kawasan yang selalu mengalami krisis air.

Beberapa kawasan di maksud, menurut Kepala BPBD Garut, Zatzat Munazat, kebanyakan berada di wilayah Garut Utara seperti Kecamatan Limbangan, Cibiuk, Cibatu, dan Leuwigoong. Pengajuan permintaan jeriken tersebut ditujukan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain itu, pihaknya pun akan mengajukan pengadaan sarana penampung air bersih berukuran besar di sejumlah kecamatan di utara Kabupaten Garut.

“Jeriken akan menjadi alat penampung air juga di rumah. Selama ini, warga menggunakan wadah seadanya untuk mengambil air bersih di tempat yang jauh. Jadi tidak efektif. Jeriken ini akan membantu masyarakat untuk lebih sehat karena wadahnya akan lebih tertutup,” kata Zatzat kepada wartawan, Selasa (2/4).

Dijelaskannya, musim kemarau diperkirakan datang bulan Mei 2013. Biasanya  menjelang musim kemarau, Gubernur akan mengumpulkan Kepala BPBD se-Jawa Barat untuk membahas penanganan musim kemarau, termasuk bencana kekeringan. Selain menghadapi bencana kekeringan, jelas Zatzat pula, Garut tengah dihadapkan pada ancaman bencana angin kencang dan longsor. Dua bencana langganan pada musim hujan dan pancaroba ini telah terjadi di Garut pekan lalu. ***

Berita terkait:

About Gosip Garut

Gosip Garut merupakan berita dan informasi serta wahana penyalur aspirasi dan kritik membangun Kota Garut. Gosip Garut dengan alamat situs www.gosipgarut.com diterbitkan berdasarkan UU Pokok Pers Tahun 1999 oleh Yayasan Media Aktualita Mandiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan di tampilkanBidang yang harus diisi ditandai *

*

x

Baca juga

Ilustrasi/ISTIMEWA

17 Kabupaten/Kota di Jabar Rawan Banjir, Nomor 5 Wajib Diketahui

GARUT — GosipGarut.com — Sebanyak 17 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat dinyatakan sebagai ...